Reviews for Sebelum Badai Datang
ah-ee-you chapter 1 . 8/29/2014
Haihaihai, saya mau mereview. Maaf ya lama saya bener-bener susah nyempetinnya ;_; Tapi saya gak pernah lupain kamu *apaansih. Anyway di review ini saya menyertakan kriteria cerita bagus menurut saya, dan apakah ceritamu sudah sesuai dengan kriteria saya. Tujuannya supaya kamu bisa melihat bagaimana cara saya menjuri. Saya tahu bagus itu relatif, jadi saya bisa saja sedikit bias. Mohon maklum ya :)

Sesuai dengan tema: sesuai banget, walau sayang si surat itu bukan fokus utamanya. padahal kalo iya, pasti tambah kocak.

Rapi: ceritanya ya kurang rapi tapi overall it's okay kok.

Diksi bervariasi: diksinya ringan sih, gak bosenin, tapi aku gak bisa bilang diksinya bervariasi.

Majas bagus: sayangnya sejauh ini kayaknya aku gak nemu majas... mungkin karena komedi ya, jadi gak perlu gitu kan majas yang mendayu-dayu. tapi kalau pakai metafora untuk bikin nambah komedi pasti tambah lucu.

Plot unik: plotnya unik! awalnya itu lho, lucu banget si Fume udah ngarep dapet surat cinta eeeh... malah cuma prank.

Alur jelas: alurnya yang lompat itu rada gak jelas, barulah setelah dibaca jadinya ngerti kalau Fume tadinya di zaman bahula balik ke zaman sekarang.

Eksekusi cerita perlahan namun pasti: eksekusinya terlalu cepat. coba kalau bagian perang sama orang jahat itu benar-benar dibikin serius, aku jadi tertipu gitu, kok cepet sih? tapi karena cepat, aku jadi gak percaya sama ceritanya. aku gak tahu sedekat apa Touya sama Fume ini sampai Touya ini suka jadi rival Fume. eeeh tiba-tiba udah habis aja.

Pergantian sudut pandang jelas (kalau ada): -

Karakterisasi/fokus kepada perasaan tokoh ada detail: menurutku sih gak ada. kalaupun ada, paling sebatas permukaan aja. mungkin karena eksekusi ceritanya terlalu cepat dan kurang informasi yang dikasih ke pembaca.

Penjelasan sebab dan akibat dalam cerita: gak dijelaskan kenapa Touya kirim pesan ke Fuse, padahal mereka punya HP kan? bisa gitu lewat smsan atau e-mail. apa mungkin karena aku juga masih awam sama fandomnya kali ya...

Komentar tambahan: pembukaannya unik banget, di zaman samurai gitu, tiba-tiba jadi ke masa sekarang lagi, lucu! tapi sayang terlalu singkat dan endingnya gantung gitu.

Sekian review saya, maaf kalau ada kata-kata yang dirasa menyinggung. Semoga review saya bisa bermanfaat ya. Jika ingin menanyakan saran, saya akan dengan senang hati membantu sebisa saya. Terus menulis ya :)
Anyway, kalau kamu gak keberatan jawab tolong memberi pendapatnya ya. Kamu lebih suka saya mereview dengan memaparkan kelebihan dan kelemahan seperti yang dulu, atau yang seperti ini? Kenapa? terima kasih sebelumnya!
Shireishou chapter 1 . 8/10/2014
ahahahaha kukira bakalan angst style ngelihat openingnya. ternyataaaa... lol

aku suka kejutan soal ternyata ini mimpi. aku beneran ga nyangka ahahahaah

btw cmn ksh tau, setahuku, kata asing ketemu akhiran, kasih tanda strip. ex: kimono-nya

keep writing uki... u are amazing writer