Reviews for Ingatan Masa Lalu
ariabr chapter 1 . 10/18/2013
Omg ini serem banget!
adhekbummiesangelssoeulmatesbumsso chapter 1 . 9/22/2013
kya akhrx aku nemu ff yg beginian
keren kakak

aku dpt saran
kmrn...

itw sebenerx menmakan bkan naruto...

ah aku penasaran yg d gudang itu kerangka2an ap bneran...

kak kapan bkin model beginian lagi y..
obsesi tingkat tinggi mode on
lily-chan chapter 1 . 6/27/2013
waaw! bagus gak nyangka banget akhir cerita nya
sumpah!
tapi kereeeeeeeennnnnnnn
Noira Hikari chapter 1 . 12/24/2012
sudah baca fic ini dari kapannnn gitu... cuman lupa review #plak
kemarin sih aku cuman liat2 ffn, dan ngeliat fic ini.. aku suka genre mystery/suspense jadi mampir deh :")

awalnya kesan mystery-nya udah cukup tergambar di awal2 sih.. pas ino mulai gelisah.. dan langsung ngebuat bertanya-tanya, ada apa sama si ino?
menma kejam ya? um, sebenarnya dia kayaknya gak sekejam itu sih.. dia gak nyiksa ino secara fisik kan nyatanya? lebih ke psikologis ya? dan Ino sebenarnya udah hebat, mau nyerahin menma ke polisi...
dan suspense-nya baru berasa begitu masuk ke ending.. mulai dari kisah si ino yang dulu pernah pacaran ama shika n nemu surat ancaman. dan yang paling negangin itu ya dibagian si ino ngeliat menma di gudang... pas ada surat sama tengkorak... wew...

dan endingnya! maksudku, epilognya!
i-itu si naruto ternyata menma? huaaaaa DX
kasian kau Ino!

secara keseluruhan aku suka sama idenya, plotnya juga lumayan ngalir.. love it..

so, keep writing ya!
ganbatte XD9
bolamut chapter 1 . 12/21/2012
ha-halo hatake-san / / /
salam kenal ya :"""
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
saya...saya mau kenalan dong /apa

uhm uhm [pribadi otonom] itu artinya apa ya kak? ' 'a

terus terus...saya baru di ffn, jadi masih ngga gitu ngerti genre-genre yang ada. suspense itu genre apa ya kak? D":

ceritanya keren lho kak.
awalnya saya rada bingung bacanya, soalnya soalnya nggak ngeh siapa itu yang ino inget. awalnya saya kira si ino takut ama naruto (...) terus ganti jadi shikamaru (...) eh kok terus ada surat dan pengirimnya berinisial M. salah semua dong dugaan saya (...)
ternyata oh ternyata menma toh maksudnya :""Da
coret emang ngga bakat jadi detektif coret

fic ini emang rada bingung ditangkep maksudnya di awal-awal, tapi setelah saya selesai baca saya ngangguk-ngangguk paham dan ber-oh ria :"
"ternyata gini toh maksudnya", gitu, ehehe.

emang ada kalanya kita menilik ke masa lalu ya, apa aja yang kita punya di sana dan sekarang emang beda. saya juga kadang kayak ino, ngerenungin masa lalu. tapitapi saya bukan ngerenungin coret si psycho coret si ganteng menma. /yaiyalah

emang butuh keberanian ya untuk melangkah di hidup ini /ehcieh
seperti ino, mungkin awalnya dia pikir si menma adalah jodohnya, tapi seiring dengan berjalannya waktu ternyata bukan. ada kalanya apa yang kita lakuin membuat orang lain sedih, tapi mau gimana lagi kan ya :""D

saya rada serem pas baca epilognya D"":
itu naruto nya...syereeeeeem ; ;
kenapakenapa dia harus nyamar jadi menma ewe);;
hnggggh bener kan ini? apa saya salah nangkep lagi hik
naruto posesif banget ya...saya jadi rada kasian ama ino ; ;

hngh
hngh
hngggggh
saya kagum sama kakak / / /
tulisannya keren lho.
deskripsinya jelas banget. dari awal dijelasin gerak-gerik tokohnya, terus perasaannya, suasananya, latar tempatnya, uh uh macem-macem lah, jadi membuat saya angler (?) bacanya :""D
ajarin saya cara buat fic keren gini dong kak / / /
/maunya
/sksd ih
/dibuang

judulnya juga matching banget ama isi fic nya. pas banget ngegambarin isi fic secara keseluruhan. eieieiei emang nyeritain kepingan kepingan masa lalu dan sekarangnya ino ya :"""D

alurnya juga. sukses membuat saya kelelep ewe
/kamukirainiapa

eer
eeeer
eeeeeeeer
udah dulu deh.
maafkan bomut kalo pada akhirnya review ini menjadi sesi kolom curhat "")a
/bersiap dibuang

intinya saya suka fic-fic kakak / / /

kakak ngefans kakashi ya? sama dong )/
/sksd lagi
/terus aja

udah deh.
hngggh kenalan yuk kak? :""")a

.
salam menggelinding,
bomut "D
Watermelon chapter 1 . 12/18/2012
Na-naruto ./.
Possesif, tapi entah kenapa aku malah suka, suka banget malah :D

Tapi sayang, fic-nya kurang panjaaaaaang :'(
Belum puas :D
Sukie 'Suu' Foxie chapter 1 . 12/16/2012
ay, ay, ayyyyy makasiiiihhh banyaaakkk buat fanfict iniiii aaaaa / / /
apa yaaa ... pokoknya, pertama2 many thanks, big hug n kiss for yaa
apaan yang nggak sesuai harapan, aku suka banget fanfict ini. kesan dark-nya itu dapet. dari awal udah disuguhin mystery-nya. suspense-nya mungkin cuma yang bagian akhir sih, ya? tapi itu udah cukup untuk memperkuat nuansa dark di fict ini. duuuh!

jujur, soal inspirasi yang murder in mesopotamia, kok aku lupa lagi sih ya, itu yg mana ay ceritanya? /fail sebagai agatha christie lover
suka kebolak-balik deh kalau soal judul. mehehehe.

lanjut ke ceritanya sendiri. dari awal ya, pas mulai masuk cerita ino soal cowok yang pernah ngisi hidupnya, cowok yang ngekang dirinya, terus ngebandingin ama naruto, aku udah kepikiran sih kalau cowok itu ya sama ama naruto. ditambah sebutan 'sayang' yang sama itu plus pas udah dimunculin nama menma, entah kenapa makin yakin kalau cowok dulu cowok yang sekarang ya sama aja. dan pas yang ino bangun2 malah ada naruto dan ino dianggap cuma mimpi, makin kuat dugaan kalau menma naruto. ngeri sih kalau ada cowok kayak gitu, tapi setidaknya ya, dia nggak ampe ngebunuh ino, cuma bikin cewek itu terkungkung dalam sangkar dia. cinta mati ya dia ama ino. tapi suer, ngerinya dapet. kesannya ino gak bakal bisa lepas dari tuh cowok, ampe kapan pun.
dan kata-kata ini: 'Cukup hanya ada aku dan kamu, maka tak perlu kata dia dan mereka.' ih, suka banget! penekanannya dapet di situ. posesifnya itu tergambar banget. uuuhh

terus ya, sebenernya ino tuh juga cinta banget ya ama menma/naruto. dan entah kenapa, kayaknya kalaupun sekali ini dia kembali terjebak ama naruto, walaupun takut, kayaknya di sisi lain hatinya, dia mungkin nggak keberatan ya? alias dia juga tahu, kayaknya dia gak bisa lepas dari naruto. salah satu buktinya ada di kalimat ini, nih: 'Naruto adalah satu-satunya pemuda yang mampu membuatnya kembali merasakan cinta selain pemuda dari masa lalunya yang kini tak jelas rimbanya.' jadi mau gimanapun, pada akhirnya, cuma naruto yang bisa bikin ino kembali merasakan cinta. mwahahaha. cinta yang dark n tragis, tapi di sisi lain ada sisi sweet dan kayak gambar cinta sejati, gimanapun bentuk dan rupanya.

tapitapi, penggambaran naruto pake kacamata itu kok ... kayak bikin ngiler, ya, ay? ama pas pertama kali ay masuk dengan deskrispi naruto, itu ya ... pengen ngeces. ahahahay! sayang sifatnya posesif akut gitu, kalau nggak bener2 cowok idaman tuh ya. memang, semua yang berlebihan itu nggak bagus. X"D

btw, si naruto itu sengaja ya nyamar lagi jadi menma, jadi kayak last attempt-ngasih ancaman terakhir, buat ngejebak ino biar si ino akhirnya benar2 terperangkap dalam kurungan dia? jadi dia nggak bisa lari lagi dari naruto untuk selamanya? sempet merinding lho, di bagian ini : 'Mungkin hanya permainan cahaya ketika Ino melihat senyuman Menma bersarang di sudut bibir Naruto. Bibir yang sedetik kemudian membungkam bibirnya. Masa lalu pun berulang, Ino kembali jatuh ke dalam pelukan pemuda yang sama. Hanya dia. Sumpah yang dibawa sampai mati akhirnya terwujud. Dinding tinggi itu kembali mengelilingi Ino, sampai dia tak bisa lagi melihat selain apa yang memang seharusnya dilihat dari balik dinding.' sama epilogue-nya. D"""X

eh, ngomong2, si naruto yang sekarang kerjanya apa, ya? apa masih berhubungan ama dunia kegelapan gitu? OuO /pertanyaan penting. dan terus ya, jadi ino mulai gelisah sejak dia ketemu naruto lagi, kan, ya? dia ama naruto berarti termasuk baru juga ya ketemu? kan ada kata-kata ini: 'Namun beberapa bulan ini ingatan itu malah semakin jelas dan muncul ke permukaan.' OuOa
terus, terus, kerangkanya itu kerangka buatan? atau beneran sih? dan udahnya disembunyiin di mana tuh? /suer ini mah gapenting X"D

kalau soal penulisan, diksi aku ngerasa pas. ngalir, nggak berlebihan, tapi feel-nya tetep dapet. cuma di beberapa paragraf, kayak kerasa numpuk, ay. kalau dibelah bisa, nggak ya?
terus sama soal kaukata selanjutnya. jujur aku bingung. tapi kayaknya sih ya, kata-kata kayak 'kau telah', 'kau harus', nggak usah digabung kali, ya? tapi justru yang 'kautunggulah', 'kaujatuhkanku', 'kaubilang', 'kaupercaya' itu digabung. etapi gayakin juga, ay. masih bingung soal penggabungan 'kau' itu ;_;

kalau kata-kata yang ini: 'dia kabur bersama pemuda yang dia pikir dicintanya setengah mati' - lebih enak jadi: 'dia kabur bersama pemuda yang dia pikir dicinta[i]nya setengah mati' nggak, sih? ._.a
yg ini: 'Tak ada lagi seminar-seminar, yang mampu menampung kebebasan berpendapatnya, yang bisa dihadirinya, tak ada lagi kegiatan-kegiatan, yang bisa menggali potensi dalam dirinya, yang bisa diikutinya.' mungkin lebih pas: 'Tak ada lagi seminar-seminar, yang mampu menampung kebebasan berpendapatnya, yang bisa dihadirinya[;] tak ada lagi kegiatan-kegiatan[] yang bisa menggali potensi dalam dirinya, yang bisa diikutinya.'
cmiiw ya :""3

btw, aku nemu beberapa typo (yang dalam kurung pembetulannya, ya?):
perhatiaan (perhatian), bergidik ngiri (bergidik ngeri), mencengkram (mencengkeram), diakal (di akal). udah sih kayaknya itu aja, moga2 nggak ada yang kelewat. ehehehe.

phew lagi-lagi udah kepanjangan. gomenne, ay, bawelnya kumat lagi. ;_;
moga2 nggak mabok n pusing baca review aku. uhuk!

keep writing ya, ay! many thanks sekali lagi X"D

xoxo,
eS.