Reviews for Lovely Love File
iib.junior chapter 1 . 4/24/2014
Jujur aja gua agak kecewa dg fic ni. . .
Kurang greget. . .
& kesan'ya kurang menarik. . .
Buat yg lebih greget 'n menarik lagi ya. . .:-)
luphelf18 chapter 1 . 2/8/2014
ini cerita dikomik,, Lovely love file karya ippo sayuka
fulmoon chapter 1 . 7/7/2013
Waaah... Hinata hebat sekali sudah berani menyatakan perasaannya. Tapi menurut saya sikap Naruto yang menghindari Hinata tadi perlu dijelaskan penyebabnya. Ficnya bagus. Ganbatte buat author
Rhyme A. Black chapter 1 . 6/29/2013
#Masuk panggung dengan kostum drama dan diikuti seseorang (sebut saja Bunga)
#Make Up tebal
Holaaaa hupppp!
Haiii Haiii, Laila-san! :D
Rhyme datang mereview, dan semoga Laila-san tidak bosan ya dengan kedatangan saya ini (ke hadapan Laila-san, hohoho) *lu lagi lu lagi*.
Ne, saia datang ma review-review sedikit, sedikitttt banget. Nggak apa-apa kan yap? Hehehe...
Lansung saja, menurut aku nih yap ceritanya bagus, hanya saja masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi. Seperti EYDnya, deskripsinya, dan sebagainya. Mulai dari EYD dulu ya, dan ini sih setahu saya, kalau lebih jelasnya lagi bisa coba-coba googling tentang EYD. Maklum, saya juga masih belajar. Hohoho...
-
1. Penggunaan huruf besar, untuk:
- Huruf pertama dari kata pertama setelah tanda kutip (") dan untuk nama orang, nama tempat. Exp:
["hai, aku uzumaki naruto"]
["aku ini suka ketinggalan buku lho"]
["cepat tembak dia" ucap ino.]
Menjadi:
["Hai, aku Uzumaki Naruto!"]
["Aku ini suka ketinggalan buku lho,"]
["Cepat tembak dia." ucap ino.]

2. Biasanya, di akhir kalimat yang di kutip, juga diikuti dengan tanda baca. Kayak tanda seru, tanda tanya, titik, koma, dsb. Ini tergantung pada kalimat dan 'bagaimana' cara tokoh mengucapkannya. Misalnya, kalau dia berseru, digunakan tanda seru (!), kalau bertanya, digunakan tanda tanya (?), kalau berbicara biasa saja, terkadang menggunakan koma (,). Exp:
["h-hei… hentika dong" ucap hinata yang wajahnya memerah seperti kepiting rebus.]
["NARUTOOOO….." teriakku kesal.]
['semuanya hebat-hebat' gumam hinata yg iri pada mereka.]
["huwaaa… hatiku belum siap, nih. Tidak mungkin bisaaa" teriak hinata yg OOC banget.]
["lalu kenapa kau masih di sini?" Tanya naruto. Aku kaget, kenapa aku bertindak seperti ini sih!.]
Menjadi:
["H-hei… hentikan dong." ucap Hinata yang wajahnya memerah seperti kepiting rebus.]
["NARUTOOOO!" teriakku kesal.]
['Semuanya hebat-hebat.' gumam Hinata yg iri pada mereka.]
["Huwaaa… hatiku belum siap, nih. Tidak mungkin bisaaa!" teriak Hinata yang OOC banget.
["Lalu kenapa kau masih di sini?" tanya Naruto. Aku kaget, kenapa aku bertindak seperti ini sih?]
Biasanya, untuk tanda seru (!) dan tanda tanya (?), paling banyak dituliskan tiga (!) (?).

3. Usahakan untuk tidak menyingkat-nyingkat kalimat yap. Kayak : yg - yang.
-
Well, kita lanjut ke bagian deskripsi cerita. Sama seperti yang sudah saia bilang sebelumnya, cerita kamu bagus, yeah tahu lah cerita cinta tentang seorang gadis pemalu yang memendam perasaan suka pada seorang pemuda. Dan dia, dengan segala kekuatan cintanya *yeaaahh* mampu mengalahkan sifat pemalunya dan menyatakan cinta pada pemuda yang dia suka.
Setuju sama quotes yang ada di akhir cerita, bahwa kita jangan takut untuk menyatakan cinta kepada seseorang. Meski pun nantinya ditolak, kita harus tetap menatap ke depan dan tetap semangat (y) (y) (y). Hohoho...
Terkait tentang deskripsi, menurut saia nih fanfik kamu masih kurang deskripsi. Bukannya saia sangat 'mendewakan' deskripsi banget yap.
Seseorang (sebut saja Bunga) : Oiii lo ngomong aja, kan ada juga fanfik yang minim deskripsi tapi ngena gitu ceritanya.
Iya, memang ada fanfik minim deskripsi, tapi fanfik itu punya penceritaan yang lugas. Namun, di fanfik Laila-san, saia belum menemukan itu.
Sebenarnya, dengan menambah deskripsi, kita bisa lebih menyelami perasaan karakter, kita bisa lebih 'klop', lebih 'jleb' lagi dengan fanfik yang kita baca. Dengan adanya deskripsi, kayak deskripsi tempat, suasana, dan perasaan tokoh, kita bisa tahu gimana perasaan mereka, kita bisa mendalami. Tapi, menulis deskripsi pun jangan kebanyakan juga, ntar lebay lagi. Cukup seperlunya saja. Gituuu loh...
Saya pinjam salahs atu adegannya sebagai contoh.
['aku takut.. tapi..' gumam hinata dalam hatinya.
"na-naruto-kun" teriak hinata, yang dipanggil seketika menghentikan langkahnya.
"a-aku.. suka naruto-kun, Aishiteru.. Hontou ni Aishiteru" teriak hinata lebih keras dari yang tadi, setelah mendengar itu.. naruto kembali berlari. Hinata menatap nanar punggung naruto yang semakin menjauh dari tempatnya berdiri ini.
Kini.. ia sendiri, sakura yang menemaninya telah pulang duluan. Kaki hinata bergetar, tak kuat menahan rasa lega dan rasa sakit yang mendera hatinya saat ini, kemudian ia jatuh terduduk.
'ahh… sudah berakhir, aku gagal.. tapi, sudah ku katakan' gumam hinata, perlahan air matanya mulai terjatuh.. mengalir begitu saja di kedua pipinya..]

Sebenarnya, perasaan tuh bisa lebih 'ngena' banget di sini. Di sini tuh bisa lebih digambarkan lagi gimana perasaan takutnya Hinata, gimana gitu rasanya mau nembak cowok yang disuka. Bagaimana perasaan kecewa dan sedihnya ketika tahu kalau cowok yang disuka malah 'kabur, lari begitu aja' tanpa menjawab perasaannya.
Kan pasti jleeebbb beuttt *pukpuk Hinata*

Apa lagi itu, si Sakura... Temannya patah hati kok malah ditinggalkan? Kasihan... Di sini bikin bingung loh. Sakura yang ngotot agar Hinata nembak Naruto, malah pergi begitu saja ketika Hinata ditolak Naruto. Mungkin pembaca akan lebih mengerti, 'kenapa sih Sakura ninggalin Hinata? Kok dia pergi? Hinata kan butuh dihibur, patah hati gituu', mungkin perlu dikasih alasan kenapa Sakura pergi. Entah tiba-tiba mamanya menelpon kah, ada yang sakitkah, atau alasan-alasan lainnya *yang tentu masuk akal* kenapa Sakura meninggalkan Hinata.
(Sebenarnya sih, masih banyak yang mau aku tanyakan. Tapi jangan sampai nanti reviewnya terlalu panjang dan *pasti* Laila-san bosan baca review saia, jadi sampai di sini aja dulu. Hehehe *peace*)
-
Mungkin sebaiknya, macam hashtag kayak [#dasar,] dan lain sebagainya itu dihilangkan saja deh kayaknya... Karena biasanya itu agak mengganggu konsentrasi pembaca.
-
Seseorang (sebut saja Bunga): Anjrittt! Review lo panjang banget Jeung, udah, udahin aja nih... bikin penuh page review aja lo!
Saia (sebut saja Tukang Drama) : yeee, biarin! :p
Seseorang (sebut saja Bunga): Idih kampret lo yee, minta dijitak! Udah buruan tutup. Lo masih punya fanfik yang belum lo kelar-kelarin buat NHTD #4. Belum bener aja sudah belagu lo!
Saia (sebut saja Tukang Drama) : Yeee iyeee...

Hoookeeehh! Sepertinya, sebelum review ini makin panjang dan makin tidak jelas (dengan percakapan dua orang aneh di atas) saia undur diri yaaappp! Masih ada fanfik buat event NHTD #4 yang belum jadi... Huhuhu...

Tetap semangat menulis yaa, Laila-san! :D
Salam damai indah selalu!

Regards,
R.A.B.
Sakurajima no Yama chapter 1 . 6/20/2013
engh.. tanya donk, kenapa naruto gak langsung jawab pertanyaannya? apa karna bener2 abis dari supermarket? xD ehh nanti feelingnya lebih greget lagi yahh? Ganbatte! (minum Mirai Ocha)
Ramadi HLW chapter 1 . 6/7/2013
Asek... Asek... Naruto maen langsung aja...!

Ditunggu Sekuelnya.. Laila-san..!
Master chapter 1 . 6/4/2013
Lanjutkan
Minato Malik Ibrahim chapter 1 . 6/3/2013
Semagat nulis ya laila-san
Ai Minkyoo Chan chapter 1 . 6/3/2013
hm..
sedikit koreksi ya Laila chan.
klo percakapa..
"Bla bla bla" pke huruf kapital ya.. trus nama orang -Naruto- itu jga pke kapital..
tpi ceritanya baguss.. Love it..
ganbatte nee 3
Terminator chapter 1 . 6/3/2013
Percakapan mereka bagus,untuk berikutnya dibuat lebih berliku,,
JumAwan chapter 1 . 6/2/2013
critanya bguz sih,
tp bkankah nama haruz d tulis d9 hruf kpital?