a/n: wow. Fic yang paling pertama di fandom ini. Sayang sekali... nih novel keren gila 8( gak yakin juga sih ada yang baca 8(

disclaimer: Tunnels Series © Roderick Gordon & Brian Williams

.x.

Jadi, ulangtahunmu kapan, Elliott?

.x.

| everyone has a birthday

© mage

.x.

Semua berawal dari satu pertanyaan Will: "Jadi, Elliott, ulangtahunmu kapan?"

Elliott menoleh ke arah Will dengan alis terangkat. "Aku?" Elliott bertanya balik kepada Will, yang disambut anggukan oleh lelaki remaja itu. "Aku ... aku ... ulangtahunmu kapan?"

"Aku tidak akan menjawabmu sebelum kau menjawab pertanyaanmu, oke? Jadi, hari ulangtahunmu kapan?" Will bertanya kembali. Sementara itu, Bartleby mengeong rendah, melingkarkan tubuhnya di samping Will yang terduduk di tepi danau, dekat tempat persembunyian mereka untuk sementara di Topsoil.

Di tepi danau, mereka hanya bertiga. Chester sedang berada di suatu tempat bersama Mr. Rawls. Drake juga melakukan sesuatu bersama Parry. Dan Mrs. Burrows berada di tempat persembunyian bersama Colly, si Pemburu yang menjadikan Mrs. Burrows sebagai majikannya.

"Aku ..."

Will menunggu Elliott berbicara dengan cara menggaruk-garuk kulit tak berbulu Bartleby dia bagian kepala, menimbulkan suara meongan rendah dari Bartleby. Will menatap air danau yang jernih. Sudah beberapa menit yang terlewat, tapi Elliott masih belum bersuara. "Hmm ... aku menganggap kalau kau tidak mengetahui hari ulangtahunmu," Will menyimpulkan.

Elliott mengangguk singkat. "Sepertinya begitu," dia mendesah. "Nah, aku sudah menjawab pertanyaanmu. Jadi, Will Burrows, hari ulangtahunmu itu kapan?"

"Hmm ... rahasia," Will berkata.

"Apa? Tidak adil!"

"Adil; aku tidak tahu hari ulangtahunmu, jadi aku merahasiakan hari ulangtahunku."

"Itu yang kau namakan dengan 'adil'? Dasar," kata Elliott, menyikut pinggang Will dengan sikunya. Will tergelak. "Dan, aku kaget saja, tiba-tiba saja kau menanyakan soal hari ulangtahunku. Ada apa?"

Will menunduk. "Yah, supaya aku bisa merayakan ulang tahun seseorang yang masih," Will menelan ludah, perasaan sedih tersirat di wajahnya, "hidup. Aku tak pernah tahu ulang tahun Cal, Paman Tam, dan Ibuku—Sarah Jerome, tentu saja. Aku mengetahui ulang tahun Dad—kami selalu merayakan hari itu dengan menggali sebuah terowongan. Tapi, Dad sudah tewas—aku tak bisa merayakan hari ulangtahunnya bersama-sama. Orang-orang yang hari ulang tahunnya bisa kurayakan bersama orang itu hanyalah Mum dan Chester."

"Oh, Will," Elliot mendesah dan menarik kepala Will agar bersandar di bahunya.

Untuk beberapa saat, mereka membeku di tempat mereka.

"Bagaimana kalau kita membuat perjanjian?" Will menarik napas dalam-dalam.

"Perjanjian apa?" Elliott bertanya. Dia menoleh ke arah Will, yang sekarang sudah berdiri tegak.

"Bagaimana jika ... setelah kita menang melawan Rebecca-Rebecca dan pasukan Styx, aku menetapkan hari ulang tahun untukmu?"

"Eh?"

"Ya, lalu aku akan memberitahumu hari ulang tahunku ... mungkin ulangtahunku yang keenam belas. Bagaimana?" Will menawarkan.

"Tentu," Elliott mengangkat bahu, kemudian mencium pipinya. "Mungkin itu akan membuatmu bersemangat dalam mengalahkan Rebecca dan pasukan Styx itu. Tidak sabar mengetahui hari ulang tahunku ini," Elliott berkata dengan sebuah senyuman misterius ke arah Will, sebelum dia berjalan menuju lerengan, meninggalkan Will dan Bartleby di tepi danau.

Will meraba-raba pipi yang dicium Elliott. "Yah, mungkin itu akan berguna untukku," Will menggumam.